APABILA MATI ANAK ADAM MAKA TERPUTUSLAH AMALANNYA KECUALI TIGA PERKARA ...
Assalamualaikum,
Dari Abu Hurairah r.a. bahawa Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Apabila seorang anak Adam mati putuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariah,atau ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain atau anak yang soleh yang berdoa untuknya."
(Hadith Sahih - Riwayat Muslim dan lain-lainnya)
Assalamualaikum, kita sering mendengar hadis di atas yang di bawakan oleh ustaz2 kita di TV, Radio di internet dan sebagainya. Persoalannya sekarang adakah kita benar2 faham apa yang di maksudkan oleh hadis diatas?
Dalam hadis di atas menerangkan bahawa apabila telah meninggalnya seseorang manusia,tiada lah apa apa yang dapat menolongnya kecuali tiga perkara sahaja. 1. sedekah jariah yang di berikan semasa hidupnya. 2. Segala ilmu yang baik yang di ajarkan kepada orang semasa hidupnya. 3. Doa anak yang soleh/solehah terhadap ibubapanya yang di tingalkannya (di warisinya).
1.Sedekah Jariah
Segala bentuk sedekah bahan yang dikeluarkan oleh si mati semasa hayatnya termasuklah sedekah wang,makanan,harta benda dan dalam katogeri ini termasuk juga harta yang di waqafkan oleh si mati semasa hidupnya. Sebagai contoh seseorang itu mendirikan surau untuk kegunaan Masyarakat setempat. Selagi mana surau itu di menfaatkan selagi itulah pahala mengalir untuk si mati. Orang yang hidup atau waris boleh juga bersedekahkan bagi pihak si mati tak kiralah samaada sedekah itu hasil dari wang,harta, peninggalan si mati atau wang waris sendiri.Yang pentingnya ialah niat kita untuk bersedekah bagi pihak si mati. Amalan "waqaf" dalam Islam juga telah bermula semenjak zaman Rasulullah s.a.w. dan telah berkembang di negara-negara Islam hingga hari ini dan seterusnya, malah ada yang datang membentuk "Kementerian Waqaf "
2.Doa
Selain dari doa anak anak yang soleh/solehah terhadap ibubapanya, doa antara sesama kaum muslimin pun bermenfaat untuk si mati. Ini berdasarkan kepada dalil berikut : Dan orang-orang (Islam) yang datang kemudian daripada mereka (berdoa dengan) berkata: “Wahai Tuhan kami! Ampunkanlah dosa kami dan dosa saudara-saudara kami yang mendahului kami dalam iman dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami perasaan hasad dengki dan dendam terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Tuhan kami! Sesungguhnya Engkau Amat Melimpah Belas Kasihan dan RahmatMu”. Al-Hasyr ayat 10.
Mengenai doa anak yang soleh/solehah Insya’Allah doa akan bermenfaat jika anak2 itu bersolat.Kalau tak solat pasti doa itu tak akan diterima sebab solat itu tiang agama, tidak diterima segala amal kebaikan jika tidak bersolat termasuklah doa. Jadi usahakanlah supaya anak anak kita terdiri dari golongan orang orang yang mengerjakan solat.
3.Ilmu yang bermenfaat
"Ilmu yang berguna atau bermanfaat yang di ajarkan kepada orang lain," yang tersebut dalam hadith ialah ilmu yang berhubung dengan agama Islam secara khusus dan juga yang berhubung dengan ilmu ilmu kemajuan di dunia secara umum, sama ada melalui syarahannya,pengajaran kepada murid-muridnya dan orang ramai,atau melalui kitab-kitab dan buku-buku karangannya.
Selagi ilmu yang diajarkannya atau kitab-kitab dan buku-buku karangannya masih wujud dan dinikmati faedahnya oleh umum maka ia akan mendapat pahalanya berterusan semasa ia hidup dan sesudah ia mati.
4.Membayar hutang puasa si mati.
Dari Ibn Abbas r.a., katanya: Seorang lelaki datang mengadap Nabi Muhammad s.a.w. lalu berkata: "Ya Rasulullah, ibu saya telah mati sedang ia menanggung hutang puasa (yang wajib) selama sebulan, bolehkah saya mengqadha puasanya itu?"
Baginda menjawab: "Boleh, (Kalau hutang sesama manusia wajib dibayar) maka hutang (manusia kepada) Allah lebih berhak diselesaikan.
(Hadith Sahih - Riwayat Bukhari)
Hadith ini mengatakan bahawa orang mati yang menanggung hutang puasa yang wajib (sama ada puasa Ramadhan atau pun puasa nazar atau puasa kifarah), boleh dibayar oleh orang yang termasuk dalam lingkungan kaum kerabatnya - dengan jalan berpuasa untuknya.
Dalam hal ini Imam Nawawi rahimahullah berkata: Imam al-Syafi'i rahimahullah, mempunyai "dua pendapat" dalam masalah ini:
Pertama - Hutang puasa si mati hendaklah dibayar dengan "fidyah" sahaja.
Kedua - Boleh juga dibayar dengan jalan berpuasa untuknya.
Berdasarkan keterangan yang tersebut, maka kesimpulan masalah ini dalam mazhab Syafi'i ialah: Menurut "pendapat" yang pertama: Hutang puasa si mati , hendaklah di bayar dengan "fidyah" sahaja oleh walinya.
Menurut "pendapat" yang kedua pula : Pihak walinya bebas memilih, sama ada dengan memberi fidyah atau dengan berpuasa untuknya.
Salah satu hadis yang lain juga:
Dari `Aisyah r.a., bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa mati sedang ia menanggung hutang puasa (yang wajib) hendaklah walinya (membayar dengan) berpuasa untuknya".
(Hadith Sahih - Riwayat Bukhari dan Muslim)
5.Melangsaikan hutang harta si mati
Kita juga boleh membantu si mati dengan cara melangsaikan hutang harta si mati. Terdapat beberapa hadis yang menceritakan kebolehan tersebut. Terdapat banyak lagi hadis yang menceritakan akan kebolehan dan kewajipan melunaskan hutang si mati. Antaranya:
Dari Ibn Abbas r.a., bahawa: .. Rasulullah s.a.w bersabda: ".. (Kalau hutang sesama manusia wajib dibayar) maka hutang kepada Allah lebih berhak diselesaikan."
(Hadith Sahih - Riwayat Bukhari dan Muslim).
6.Amalan baik anak anak sendiri
Di dalam Al-Quran, ayat 39, Allah telah berfirman yang bermaksud:
Dan bahawa sesungguhnya tidak ada (balasan) bagi seseorang melainkan (balasan) apa yang diusahakannya.
Terang di dalam ayat di atas mengatakan bahawa usaha seseorang akan di bawa ketika telah mati. Zuriat yang di tinggalkan adalah hasil usaha si mati sendiri semasa hidupnya. Jadi bagaimana pula ayat di atas dapat menjadi dalil yang membolehkan amalan baik anak itu sampai kepada si mati? Persoalan ini terjawab dengan hadis sahih di bawah:
Sesungguhnya makanan yang paling baik untuk di makan oleh seseorang ialah hasil titik peluhnya sendiri. Dan sesungguhnya anak adalah sebahagian daripada hasil usaha kita sendiri.
[Hadith sahih-Al-Hakim, Imam At-Turmudzi, Imam Ahmad, Abu Daud An-Nasai]
Di dalam hadis yang lain:
Hadis Aisyah r.a:
Seorang lelaki datang kepada Nabi s.a.w dan berkata: Wahai Rasulullah! Ibuku meninggal dunia secara mengejut dan tidak sempat berwasiat tetapi aku menduga, seandainya dia mampu berkata-kata, tentu dia menyuruh untuk bersedekah. Adakah dia akan mendapat pahala jika aku bersedekah untuknya? Rasulullah s.a.w bersabda: Benar! Sahih Muslim
Kesimpulanya di sini jika si mati mewarisi anak2 yang soleh solehah maka si mati akan mendapat pahala hasil dari kebaikan dan kosolehan anak anaknya itu,tetapi jika anak anaknya tidak soleh/solehah si mati akan mendapat kesusahan di alam kubur.
Akhir kalam, ada satu perkara yang diperselisihkan oleh ulamak dari dahulu sampai sekarang iaitu “adakah sampai bacaan ayat ayat al Quran yang kita sedekah kepada si mati.” Menurut Imam syafi’ dan sebahagian murid dan pengikutnya adalah tidak sampai . Sebahagian yang lain berpendapat adalah sampai sedekah pahala tersebut. Allahua’lam.
Allahua’lam.
http://pakatan09.blogspot.com/2012/05/assalamualaikum-dari-abu-hurairah-r.html
Doa untuk mendapatkan keturunan
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang saya Hormati Bapak dan Ibu
Ditempat.
Teriring salam
dari kami, Semoga bapak dan Ibu senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat
dan senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT. Amin.
Melihat Permasalahan yang
sering dihadapi oleh kita semua, pasangan suami istri yang sudah
menikah, yaitu masalah mendapatkan keturunan, saya bersama dengan Team
Alif Korma, mengajak kepada kita semua agar bisa bersemangat dan
mendekat kepada Allah, karena dengan kita dekat kepada Allah, Apa – apa
yang kita inginkan Insya Allah dengan Izinnya Allah kabulkan, mungkin
selama ini kita banyak khilaf, sehingga kita belum bisa diberikan amanat
untuk mendapatkan karunianya yang besar tersebut, tapi kita yakin
setiap insan yang berdoa kepada-NYA, Allah kabulkan, dan permohonan kita
cepat atau lambatnya, pengabulan doa dari Hajat kita ini, tergantung
dari sangka baik kita kepada ALLAH SWT.
Oleh karena itu agar Allah
mengabulkan apa yang menjadi hajat kita, Mendapatkan keturunan dan
hajat lainnya, ada beberapa hal yang harus kita bisa perbaiki dari
diri kita, ( baik istri atau pun suami ).
1. Berprasangka baik kepada ALLAH SWT.
2. Memohon ampun kepada Allah atas dosa – dosa kita ( Istigfar 100x, sehabis sholat tobat)
3. Memohon
maaf kepada ayah dan ibu kita, jika mereka masih hidup kita memohon
maaf kepada Ayah dan Ibu kita, atas segala kekhilafan yang kita lakukan
pada mereka, entah lisan kita, tutur kata, dan tingkat laku yang membuat
hati mereka tidak senang dengan kita, jika perlu kita cuci kaki kedua
orang tua kita, kita bersihkan dengan air dan kita cucinya, dan memohon
maaf kepadanya, sehingga doa yang keluar dari lisan kedua orang tua
kita, itulah yang membuat Allah ridho kepada kita, Dunia dan Akhirat.
Jika
sudah tiada, jalin silaturrahim dengan keluarganya yang masih hidup dan
ziarahi kuburnya dan senantiasa doakan setiap habis sholat wajib maupun
sunnah.
4. Memperbaiki pola pribadi kita, baik itu dengan sesama Hamba Allah dan alam sekitarnya
5. Memperbaiki
pola ibadah kita, dari yang sholat yang wajib ( 5 waktu ) dan sholat
sunnahnya. ( tobat, Hajat, Qiyamul Lail, Dhuha) dan amalan sunnah
lainnya : membaca AlQur’an, Syaum Senin – Kamis, Puasa Syawal, Yaumil
bit ( tengah bulan dan lainnya), bersedekah sama fakir miskin, dan
menyantuni anak – anak yatim dan kalo bisa memelihara mereka.
6. Senantiasa berdzikir dan tetap istiqomah dalam doa
Sebelum Proses Berhubungan.
Sebelum melakukan hubungan, hendaknya
pasutri membersihkan hati dengan cara bertaubat dari segala perbuatan
yang telah lalu. Sehingga dalam melakukan hubungan dilakukan dengan
perasaan bahagia.
Setelah itu, bersihkanlah tubuh dari
hadas dengan cara berwudhu, memakai wangi-wangian. Khusus untuk istri,
dianjurkan menggunakan celak mata (sipat) dan pacar. Lantas,
sampaikanlah niat dalam hati akan harapan anak kelak yang lahir adalah
anak shaleh. Setelah sudah berbusana rapi hendaknya mendahulukan kaki
kanan untuk melangkah dengan membaca bismillah wassalami ‘ala
rasulillahis salamu ‘alaikum, dengan nama Allah dan kesejahteraan
Rasulullah semoga kesejahteraan terlimpahkan kepadamu.
Lakukanlah sholat sunnah Hajat paling sedikit 2 rakaat. Dalam
shalat bacalah surat Al-Fatihah 3x, surat Al-Ikhlas 3x, membaca
shalawat lantas berdoa (akan diterangkan dibawah) memanjatkan apa yang
diinginkan. Berikutnya suami, menghmpiri istri sambil mengatakan; assalamu ‘alaikum ya babar rahman, semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu wahai pintu kasih sayang. Kalimat ini dijawab oleh istri dengan membaca; wa ‘alaikum salam ya sayyidal amini, semoga keselamatan juga menyertaimu wahai (tuan) yang dipercaya.
Kemudian suami mengecup kening istri sambil mengatakan kalimat; allahuma inni as’aluka khairaha wa khairama jabaltaha ‘alaihi wa a’udzubika min syarriha wa syarrama jabaltaha ‘alaihi,
ya Allah, aku mohon kepada-Mu atas kebaikan istri dan kebaikan tabiat
yang telah Engkau tabiatkan kepadanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari
keburukan istri dari keburukan perangai yang telah Engkau tabiatkan
kepadanya.
Saat suami telah berada pada pangkuan istri, bisikkan dengan perlahan ke telinga istri, radhitu billahi rabba, aku telah ridha Allah itu menjadi Tuhanku. Lantas lanjutkan dengan membaca shalawat bersama-sama (boleh shalawat apa saja); allahumma shalli ‘ala muhammad wa ‘ala sayyidina muhammad, ya Allah berilah limpahan rahmat kepada nabi Muhammad dan seluruh keluarganya.
Dalam kitab ‘uqudul jain karya Imam
Nawawi al-Bantani al-Jawi juga menambahkan supaya sebelum dilakukan
persetubuhan hendaknya sebanyak mungkin membaca kalimatun thayyibah (kalimat-kalimat suci) seperti; basmalah, takbir,
membaca doa; bismillahil ‘alaiyyil ‘adzim allahumaj’alin nuthfata
dzurriyatan thayyibatan inkunta qaddarta antakhruja dzalika min shulbi, dengan
nama Allah YAng Maha Tinggi lagi Maha Besar. Ya Allah jadikanlah air
mani ini keturunan yang baik jika Engkau takdirkan keluar mani itu dari
tulang sulbiku. Selain itu membaca juag doa; allahumma jannibnas syaithana wajannisy syaithana marazaqtana, ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau berikan kepada kami. Ketika melakukan senggama sebisa mungkin jangan menghadap kiblat. Kondisi tubuh jangan sampai telanjang. Tutuplah badan dengan selimut yang digunakan bersama antara suami istri.
Saat hubungan sudah hampir mencapai
puncaknya (klimaks), sperma sudah hendak kluar bacalah dzikir cukup
dalam hati dengan sedikit menggerakkan bibir tanpa mengeluarkan suara; alhamdilillahil ladzi khalaqa minal ma’i basyaran faja’alahu nasaban wa shihran wa kana rabbuka qadiran, segala puji bagi Allah yang teah menciptakan manusia dari air (mani) lalu ia jadikan keturunan dan Tuhanmu maha kuasa atas segala sesuatu. Namun manakala sperma sudah kadung keluar sedang dzikir belum dibaca, maka cukuplah membaca dalama hati tak perlu bersuara.
Berikut ini doa-doa yang dianjurkan dibaca setelah melakukan shalat sunnah sebelum melakukan senggama :
Rabbi
habli mainladunka dzurriyatan tahyyibatan inaka sami’ud du’a rabij’alni
muqimash shalati wa mindzurriyati rabbana wataqabbal du’a. ya
Tuhanku, berikanlah kepadaku keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau
Yang Maha Mendengar doa. Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku
orang-orang yang tetap mendirikan shalat.
Rabbi habli minash shalihin.
Ya Tuhanku, nerikanlah kepadaku keturunan yang baik.
Rabbi
habli minashalihina. Allahumaj’alhu shahihan kamilan wa’aqilan hadziqan
wa ‘aliman amilan muthi’an laka walirasulika waliwalidaihi kama amarta.
Ya Allah anugerahilah aku sebagai bagian dari
orang-orang yang shaleh. JAdikanlah anakku sehat lagi sempurna, berakal
cerdas, berpengetahuan luas lagi mengamalkan ilmunya, taat kepada-Mu,
kepada rasul-Mu, dan kedua orang tuanya sebagaimana telah Engkau
perintahkan.
Allumaj’alna wa awladana min ahlil ‘ilmi wal khairi wala taj’alna min ahisy syarri wadhairi. (3x) Ya
Allah jadikanlah kami dan anak-anak kami sebagai orang-orang yang
berpengetahuan luas dan gandrung menebar kebajikan. Janganlah Engkau
jadikan kami orang-orang yang gemar melakukan perbuatan buruk dan
kerusakan. (dibaca 3x)
Rabbana
hablana min azwajina wadzurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lil
muttaqina imaman. Rabbanaj’alna wa awladana minaddini yastamu’unal qaula
fayatabi’una ahsanahu. Ya Allah anugerahkanlah
kami istri dan keturunan yang sejuk di pandang mata serta jadikanlah
kami pemimpin atas orang-orang yang bertakwa. Ya Allah ya Tuhan kami
jadikanlah anak-anak kami taat kepada agama yang mendengarkan segala
kata-kata (yang baik) serta mereka gemar mengikuti segala apa yang
digariskan baik (oleh agama).
Rabbana
waj’alna muslimaini laka wamin dzurriyatina umatan muslimatan laka wa
arina manasikana watub’alaina innaka antat tawwaburahim. Ya
Allah jadikanlah kami berdua orang yang pasarah kepada-Mu dan
jadikanlah keturunan kami menjadi bagian umat yang patuh serta tunduk
kepada-Mu. Tunjukkanlah cara dan tempat-tempat ibadah kepada kami.
Sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.
Allahumma
allif baina qulubina wa ashlih dzta bainina wahdina subulas salami wa
jannibna minadzulumati ilannuri wa jannibnal fawahisya ma dzahara minha
wa ma bathana wabariklana fi asma’ina wa absharina wa qulubina wa
azwajina wadzurriyatina watub ‘alaina innaka antat tawwabur rahimi
waj’alna syakirina bini’matika mutsnina biha qabiliha wa attimaha
‘alaina. Ya Allah satukanlah hati kami, berilah
kebaikan kepada keluarga kami tunjukkanlah jalan-jalan keselamatan.
Selamatkanlah kami dari kegelapan menuju cahaya-Mu. Jauhkanlah kami dari
perbuatan keji baik yang tampak maupun yang tersamar. Berkatilah segala
(segala perbuatan yang berasal dari) pendengaran, peglihatan, hati
kami. Berkatilah istri dan keturunan kami. Terimalah taubat kami.
Sesungghunya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. JAdikanlah
kami termasuk orang-orang yang bersyukur atas nikmat-Mu serta gemar
memuji-Mu dengan semua anugerah itu. JAdikanlah kami orang-orang yang
menerima lalu sempurnakanlah kami semua itu untuk kami.
Allahumma
inni a’udzubika minimraatin tusyayibuni qablal masyiyyi wa a’udzubika
min waladin yakunu ‘alayya ‘adzaba wa ‘audzubika mni shahibin khadi’atin
in ra’a hasanatan dafanaha wain ra’a sayyiatan akhsyaha. Ya
Allah aku berlindung kepada-Mu atas istri yang memutihkan rambut
sebelum memutih pada waktunya dan aku berlindung kepada-Mu atas anak
yang mendatangkan bencana. Aku berlindung kepada-Mu atas teman yang
berperangai curang. Jika melihat kebaikan atas menyembunyikannya
,sebaliknya jika mendapati kejahatan akan menyebarluaskannya.
Allahummaghfir
dzunubana wastur’yubana wa ashlih ajsadana wa qulubana waj’al fima
yurdhika duubana wa’aamilna wawalidaina wa awladana wamasyayikhina wa
ahlana wa qirabatina waman lahu haqqun ‘alaina bima anta ahlun wakullana
walahum fil wa’ri wasahli walkhashi walmahli watammim; alainan ni’ami
wafarrihna bimahdil judi walkarami wala taj’al iltifatan illa ilaika
walat tikalan illa ‘alaikal hatta nahdza bidz dzulfa ladaika waghfir lil
mukminina walmukminati walmuslimina walmuslimati al ahyai wal amwati. Ya
Allah ampunilah dosa-dosa kami, samarkanlah keburukan kami, perbaikilah
jasad serta hati kami. Jadikanlah apa yang telah kami lakukan
membuat-Mu rela. Perlakukanlah aku, kedua orang tuaku, keturunanku,
guruku, keluargaku, kerabat-kerabatku, dan orang-orang yang mempunyai
hak atasku kepada yang ahlinya. JAdikanlah aku dan mereka tetap
mengingat-Mu baik dalam keadaan susah maupun senang, baik dalam keadaan
susah maupun senang, baik dalam musim gugur atau semi. Sempurnakanlah
kepadaku segala kenikmatan, gembirakanlah kami dengan sikap kemurnian,
kedermawanan serta kemurahan hati. Janganlah Engkau jadikan aku berserah
diri kecuali kepada-Mu sehingga aku memperoleh kedekata di sisi-Mu.
Ampunilah (dosa) kaum mukmin serta muslim baik laki-laki maupun
perempuan, baik yang masih hidup aau yang sudah tiada.
Rabbana atina fiddunya hasanatan wafilakhirati hasanatan waqina ‘adzaban nari. Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kepada kebaikan di dunia dan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.
Washallallahu ‘ala
khairi khalqihi sayyidina muhamadin wa’ala alihi wasahbihi wasallama.
Subhanaka rabbika rabbil ‘azzati ‘amma yashifuna wasalamun ‘alal
mursalina walhamdulillahi rabbil ‘alamina.
Semoga setelah kita berdoa
sebelum melakukan hubungan suami istri ini, kelak anak – anak yang
Allah titipkan ke rahim istri kita ini, menjadi anak – anak yang soleh
dan soleha. Amin.
Tip Khusus kepada Suami Dan Istri Untuk mendapatkan keturunan
1. Melakukan Puasa Sunnah hajat,
1. Untuk istri Melaksanakan Puasa Sunnah Hajat 7 hari, dimulai hari Ahad, dan setiap akan berbuka puasa di sore hari, Ucapkan “YA MUSHOWIR” sebanyak 21 Kali
pada segelas air putih , dan terus diminum sampai habis, dan lakukan
ini selama 7 malam, setelah meminum dari air yang sudah dibacakan Asma
Allah “ Ya Mushowir “ ( yang artinya
Yang Maha Memberi bentuk ) sampai habis, lalu lanjutkan dengan
mengkomsumsi Korma Muda Ruthob warna kuning sebanyak 3 butir ) kemudian
lanjutkan dengan makanan ringan atau yang telah anda siapkan….
Sebelum Memakan Kurma Ruthob Muda ( Kurma Basah )
- Membaca basmalah
- Istigfar 3x
- Syahadat 3x
- Sholawat 3x
- Niat pada saat mau makan Kurma
Sebelum memakan Kurma Ruthob
1. Membaca Ta'awudz
2. Membaca basmalah
3 Istigfar 3x
4. Syahadat 3x
5. Sholawat 3x
6. Niat pada saat mau makan kurma
NB : Catatan
Untuk suami kurmanya bisa diganti dengan kurma Azwa / Kurma Nabi
Untuk suami agar kualitas spermanya baik, agar bisa mengkonsumsi
- Sari Kurma / Madu Kurma atau Kurma aslinya ( Kurma biasa / Kurma Azwa / kurma Nabi, Kurma Ruthob muda warna merah )
- Habatussaudah, Serbuk Kurma
- Telor bebek / telor ayam kampung. Kuningnya saja yang di ambil, 1 kuning telor bebek / yam kampung dicampur 1 sendok madu, setengah sendok lada bubuk / hitam, sedikit air putih matang lalu diaduk, sebelum minum, membaca doa dan niatkan agar bisa menjadi obat apa yang kita minum ini, konsumsi 3 hari sekali telor bebek ini.
- Konsumsi susu kambing
- Konsumsi Tauge atau Vitamin Nuris E yang 400 IU
- Konsumsi buah semangka, Jambu Klutuk Merah, Buah Klengkeng dan Pisang
- Konsumsi sayuran hijau, seperti Bayam, Brokoli, asparagus dan ganggang laut.
- Rajin berolah raga
- Kurangi makanan yang berlemak
- Beribadah yang berkualitas kepada Allah…. ( baik yang wajib dan Sunnah )
Lakukanlah
sholat wajib diawal waktu, dan laksanakan sholat sunnah-nya ( Sunnah
Rawatib sebelum dan sesudah sholat wajib, Sholat Sunnah Dhuha, Hajat,
dan Qiyamul Lail), Baca Al-Qur'an, Sodaqoh / sedekah, Perbanyak istigfar
dan sholawat kepada Nabi Muhammad sebelum berdoa, Agar Allah memberikan
kemudahan atas apa – apa yang kita panjatkan.
* TERAPI KESUBURAN ALA TIMUR TENGAH *
-------------------------------------------------------------
Serbuk Kurma, Powder Datse Lollen
- Meningkatkan Kesuburan, Obat Kemandulan, Penambah Hormon .
- Serbuk pucuk bunga kurma beraroma 100% persis/ mirip dengan cairan sperma kaum laki-laki.
- Serbuk bunga kurma ini disortir dari pucuk-pucuk bunga kurma pilihan di perkebunan kurma Madinah....
TERAPI KESUBURAN ALA TIMUR TENGAH
KURMA MUDA sudah dikenal oleh masyarakat Timur Tengah secara turun temurun bermanfat untuk MENINGKATKAN KESUBURAN.
Di Indonesia juga sudah banyak yang membuktikannya dan pada berhasil
-bi-izdnillah- untuk mempunyai anak setelah lama menanti kehadirannya.
Di Indonesia produk ini masih jarang maka untuk mendapatkannya biasanya
dengan cara menitipkannya kepada mereka yang berangkat haji atau umroh. Atau bisa memesan di alif korma di telpon 021- 36227122, 081807728022
Informasi Produk :
Produksi : Al-Adhabiyah
Berat : 20 gr
Dikemas : Arab Saudi
To Be Kept In Normal Temperature Or Mixed With Honey
(Simpan dalam temperature normal. Minum Dengan dicampur Madu)
Produksi : Al-Adhabiyah
Berat : 20 gr
Dikemas : Arab Saudi
To Be Kept In Normal Temperature Or Mixed With Honey
(Simpan dalam temperature normal. Minum Dengan dicampur Madu)
KHASIAT:
Serbuk Kurma Insya Allah dipercaya bisa mengatasi:
- Kemandulan bagi suami istri.
- Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma.
- Menambah keharmonisan pasutri
CARA MINUM UNTUK ISTRI :
- Ambil 1 sendok teh Serbuk Pucuk Bunga Kurma
- Ambil 1 sendok makan madu
- Aduk hingga rata selama 3 menit
- Masukan sedikit demi sedikit air hangat seukuran 1/4 gelas kecil atau susu murni hangat sambil diaduk - aduk sampai benar - benar rata hingga jadi ramuan 30 ml
- Minumlah oleh Pasutri 3 atau 4 jam sebelum berhubungan suami - istri ( Seks ) atau Minumnya 1 kali sehari di malam hari sebelum tidur.
- Jangan lupa didahului do'a meminta hanya kepada Allah SWT saja dengan sungguh - sungguh, Qs, As Su'aara ayat 80, artinya : dan apabila aku sakit maka Allah-lah yang menyembuhkan.
- Kemudian berdo'a : ROBBI HABLII MINAS-SHOLiHIIN - (Ya Allah Berilah aku keturunan yang Sholeh) 3 X.
- Cara minum ini dilakukan pada MASA SUBUR dan Sebelum Berhubungan
ANJURAN UNTUK SUAMI :
- Tidak hanya mengkonsumsi Serbuk kurma muda saja, juga dianjurkan untuk
- SERING-SERING MAKAN - MAKANAN YANG BERGIZI DAN MENINGKATKAN KESUBURAN :
- TAUGE, TELUR AYAM KAMPUNG, MADU. Dan buah Semangka
- RUTIN OLAH RAGA SEMINGGU 3 X
- KONSULTASI DENGAN DOKTER
- SEBELUM BERHUBUNGAN : Bacalah doa : " ROBBI HABLII MINAS-SHOLIHIIN - (Ya Allah Berilah aku keturunan yang Sholeh) 3 X.
- Jauhi sejauh - jauhnya kemusyrikan atau meminta selain kepada Allah SWT.
- “Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'aala memberikan dzuriyaat yang sholeh/sholehah sehat dan cerdas”, Amin ya Rabbal Alamin.
http://alifkorma.blogspot.com/p/tuntunan-mendapatkan-keturunan.html
mendasar namun memiliki pengaruh besar yang begitu
mendalam seperti yang tertuang dalam hadits berikut:
مُرُوْا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْناَءُ سَبْعِ سِنِيْنَ، وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَْبْناَءُ عَشْرٍ، وَفَرِّقوُاْ بَيْنَهُمْ فِيْ الْمَضَاجِعِ
Perintahkanlah anak kalian untuk sholat ketika mereka mencapai umur tujuh tahun, pukullah mereka karena (meninggalkan) sholat setelah mencapai sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka [Shahîh Sunan Abu Daud no: 465, 466].
Seorang anak dididik untuk selalu mengingat Allah Azza wa Jalla , berdzikir dan saling mendoakan dalam berbagai kondisi sekalipun dia masih kecil. Contohlah pula keteladanan Nabi Ibrâhîm Alaihissallam yang diabadikan dalam kitab suci al-Qur'an. Pada saat beliau Alaihissallam mendampingi putranya Ismâ`îl Alaihissallam (dalam berdoa), maka keduanya berdoa kepada Allah Azza wa Jalla :
رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Ya Allah, jadikanlah kami berdua dan anak keturunan kami berserah diri kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami ibadah serta ampunilah kami, sungguh Engkau Maha memberi taubat lagi Maha Penyayang [al-Baqarah/2:128].
Kita semua telah mengetahui banyak hal tentang keutamaan doa. Berdoa adalah ibadah yang paling mudah mengidentifikasikan penghambaan diri seorang manusia. Bahkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menegaskan bahwa doa adalah ibadah. Dan karena keagungan makna ibadah dalam berdoa sampai Allah Azza wa Jalla murka terhadap orang-orang yang meninggalkan ibadah agung ini. Allah Azza wa Jalla berfirman:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Rabmu berkata, “Berdoalah kepada-Ku, sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari berdoa kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. [Ghâfir/40:60]
Dengan demikian, maka diantara sekian banyak petunjuk Islam yang sepatutnya diajarkan oleh kedua orang tua kepada anaknya adalah penanaman pada diri mereka untuk selalu bertauhid, berserah diri kepada Allah Azza wa Jalla , berdoa dan memohon hanya kepada Allah Azza wa Jalla dalam segala hal.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menggariskan keteladanan yang baik saat beliau menanamkan kemuliaan doa pada diri kemenakannya, ‘Abdullah bin `Abbâs Radhiyallahu anhuma yang masih berusia belia. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya, "Wahai anak kecil, sungguh aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat; "Jagalah (hukum) Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Peliharalah (hak) Allah , maka engkau akan mendapatkan (pertolongan) Allah di hadapanmu. Jika engkau meminta (berdoa), maka memintalah hanya kepada Allah. Dan jika engkau mencari pertolongan, maka mintalah pertolongan dari Allah.
مُرُوْا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْناَءُ سَبْعِ سِنِيْنَ، وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَْبْناَءُ عَشْرٍ، وَفَرِّقوُاْ بَيْنَهُمْ فِيْ الْمَضَاجِعِ
Perintahkanlah anak kalian untuk sholat ketika mereka mencapai umur tujuh tahun, pukullah mereka karena (meninggalkan) sholat setelah mencapai sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka [Shahîh Sunan Abu Daud no: 465, 466].
Seorang anak dididik untuk selalu mengingat Allah Azza wa Jalla , berdzikir dan saling mendoakan dalam berbagai kondisi sekalipun dia masih kecil. Contohlah pula keteladanan Nabi Ibrâhîm Alaihissallam yang diabadikan dalam kitab suci al-Qur'an. Pada saat beliau Alaihissallam mendampingi putranya Ismâ`îl Alaihissallam (dalam berdoa), maka keduanya berdoa kepada Allah Azza wa Jalla :
رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
Ya Allah, jadikanlah kami berdua dan anak keturunan kami berserah diri kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami ibadah serta ampunilah kami, sungguh Engkau Maha memberi taubat lagi Maha Penyayang [al-Baqarah/2:128].
Kita semua telah mengetahui banyak hal tentang keutamaan doa. Berdoa adalah ibadah yang paling mudah mengidentifikasikan penghambaan diri seorang manusia. Bahkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menegaskan bahwa doa adalah ibadah. Dan karena keagungan makna ibadah dalam berdoa sampai Allah Azza wa Jalla murka terhadap orang-orang yang meninggalkan ibadah agung ini. Allah Azza wa Jalla berfirman:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Rabmu berkata, “Berdoalah kepada-Ku, sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari berdoa kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. [Ghâfir/40:60]
Dengan demikian, maka diantara sekian banyak petunjuk Islam yang sepatutnya diajarkan oleh kedua orang tua kepada anaknya adalah penanaman pada diri mereka untuk selalu bertauhid, berserah diri kepada Allah Azza wa Jalla , berdoa dan memohon hanya kepada Allah Azza wa Jalla dalam segala hal.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menggariskan keteladanan yang baik saat beliau menanamkan kemuliaan doa pada diri kemenakannya, ‘Abdullah bin `Abbâs Radhiyallahu anhuma yang masih berusia belia. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya, "Wahai anak kecil, sungguh aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat; "Jagalah (hukum) Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Peliharalah (hak) Allah , maka engkau akan mendapatkan (pertolongan) Allah di hadapanmu. Jika engkau meminta (berdoa), maka memintalah hanya kepada Allah. Dan jika engkau mencari pertolongan, maka mintalah pertolongan dari Allah.
Ketahuilah, sesungguhnya apabila semua manusia
berkumpul untuk memberikanmu suatu manfaat, maka tidaklah hal itu terjadi
melainkan apa yang telah Allah tetapkan bagimu. Dan apabila mereka bersatu
untuk mencelakakannmu dengan sesuatu, maka mereka tiada dapat melakukannya
melainkan apa yang telah Allah tentukan untukmu. Pena telah terangkat dan
lembaran (takdir) telah mengering [Shahîh Sunan at-Tirmidzi no: 2043].
Berbahagialah orang tua yang berhasil mencetak generasi sholeh dari anak keturunannya, yang taat kepada Allah Azza wa Jalla , yang mendoakan kebaikan bagi kedua orang tuanya, sekalipun mereka telah meninggal dunia. Sesungguhnya doa baik seorang anak bagi orang tuanya adalah investasi jangka panjang. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:
إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَـطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفِعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ لَهُ
Apabila seorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah semua (pahala) amalnya. Kecuali tiga perkara: shodaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoa kebaikan untuknya". [HR. Muslim no. 4223].
Hadits ini menjelaskan bahwa anak sholeh yang mendoakan kebaikan bagi kedua orang tuanya, maka berkah doa itu akan mengalir sekalipun keduanya telah meninggal dunia. Maka biar tidak sampai terlambat, marilah kita bersemangat menanamkan tauhid pada diri anak-anak kita, menguatkan hubungan dan ketergantungan mereka hanya kepada Allah Azza wa Jalla , mengajak mereka dalam berbagai ketaatan kepada Allah Azza wa Jalla dan mengajari mereka akan keagungan makna doa seorang Mukmin kepada Rabb-nya, karena Allah Azza wa Jalla mencintai hamba-hamba yang banyak berdoa kepada-Nya.
PELAJARAN HIKMAH YANG DAPAT DIPETIK
Berbahagialah orang tua yang berhasil mencetak generasi sholeh dari anak keturunannya, yang taat kepada Allah Azza wa Jalla , yang mendoakan kebaikan bagi kedua orang tuanya, sekalipun mereka telah meninggal dunia. Sesungguhnya doa baik seorang anak bagi orang tuanya adalah investasi jangka panjang. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:
إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَـطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفِعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ لَهُ
Apabila seorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah semua (pahala) amalnya. Kecuali tiga perkara: shodaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang mendoa kebaikan untuknya". [HR. Muslim no. 4223].
Hadits ini menjelaskan bahwa anak sholeh yang mendoakan kebaikan bagi kedua orang tuanya, maka berkah doa itu akan mengalir sekalipun keduanya telah meninggal dunia. Maka biar tidak sampai terlambat, marilah kita bersemangat menanamkan tauhid pada diri anak-anak kita, menguatkan hubungan dan ketergantungan mereka hanya kepada Allah Azza wa Jalla , mengajak mereka dalam berbagai ketaatan kepada Allah Azza wa Jalla dan mengajari mereka akan keagungan makna doa seorang Mukmin kepada Rabb-nya, karena Allah Azza wa Jalla mencintai hamba-hamba yang banyak berdoa kepada-Nya.
PELAJARAN HIKMAH YANG DAPAT DIPETIK
1. Anak adalah nikmat Allah Azza wa Jalla yang dititipkan sekaligus diujikan kepada setiap kedua orang tua. Menjaga anak adalah sebuah kewajiban yang tak terelakkan.
2. Setiap anak memiliki hak untuk dibimbing oleh kedua orang tuanya, agar mejadi anak yang sholeh dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala serta berbakti kepada kedua orang tuanya.
3. Setiap orang tua pastilah mendambakan anak-anak yang sholeh sebagai penghibur hati penyejuk pandangan, mendamaikan jiwa dan menentramkan pikiran. Maka hendaknya orang tua bersemangat menjadikan mereka anak-anak yang sholeh.
4. Membimbing anak selayaknya dilakukan semenjak kecil sehingga ia akan tumbuh di atas kebaikan yang mengakar sampaipun kedua orang tuanya telah tiada.
5. Ajarkan anak untuk dekat dengan Allah Azza wa Jalla melalui berbagai ibadah, termasuk ibadah berdoa yang merupakah ibadah mulia.
6. Ajaran Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan praktek nyata generasi Salaf dalam mendidik anak pastilah cermin terbaik dan mendatangkan segala kebaikan.
7. Anak dapat menjadi investasi kebaikan jangka panjang di akherat, selama mereka terdidik untuk berbakti kepada kedua orang tua dan tertanam pada kalbu mereka akan pentingnya berdoa kepada Allah Azza wa Jalla dalam setiap keadaan.
8. Tidak ada terlambat untuk menanamkan kepada anak-anak kita berbagai kebaikan agar senantiasa dekat dengan Allah Azza wa Jalla dengan ibadah dan berdoa.
Semoga Allah Azza wa Jalla menjadikan kita semua berilmu, mengamalkan ilmu serta mengajak orang lain untuk mengamalkannya.
Sumber: http://www.facebook.com/pages/Yusuf-Mansur-Network/109056501839
http://artihidup-kita.blogspot.com/2013/03/wajibnya-menanamkan-nilai-islam-kepada.html
Tidak seorangpun tahu kapan akan menemui ajal. Karena
kematian adalah salah satu rahasia Allah. Memang Allah sudah memberikan
tanda-tanda kematian itu kepada setiap orang. Tapi banyak yang tidak sadar akan
tanda-tanda yang sudah disampaikan Allah itu. Sehingga banyak diantara kita
yang tidak bersiap-siap menantikan datangnya kematian.
Allah berfirman: "Setiap yang hidup akan merasakan
mati, dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kesenangan sebagai cobaan; dan
kepada Kamilah kamu akan kembali." (Surah al-Anbiyak ayat 35)
Tahukah kita bahwa malaikat maut selalu mengawasi dan
melihat wajah seseorang 70 kali dalam
sehari? Seandainya manusia sadar akan hal itu, niscaya mereka tidak akan lalai
mengingat mati.
Karena malaikat maut adalah makhluk ghaib, manusia tidak
dapat melihat kehadirannya, sebab itu manusia tidak menyadari apa yang
dilakukan malaikat Izrail.
Hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas ra
bahwa Rasulullah saw bersabda:
"Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia
dimuka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenung wajah
seseorang, ditemukan orang itu ada yang tertawa-tawa.”
Maka berkata Izrail:
'Alangkah herannya aku melihat orang ini, sedangkan aku
diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya, tetapi dia masih bersantai dan
bergelak tawa.'
Jika dibuat survey, dari 100 orang di dunia ini barangkali
hanya 1 yang selalu ingat mati. Dalam arti bahwa orang itu selelu menyiapkan
dirinya untuk menghadapi maut yang bisa datang kapan saja. Orang yang ingat
mati akan selalu berusaha mengumpulkan bekal untuk menghadapi dua tahap
berikutnya yaitu alam barzah dan alam akhirat.
Tidak ada seorang pun di dunia ini dapat menggambarkan
bagaimana perasaan dan pengalaman mereka menghadapi kematian. Ajal tidak
mengenal usia, bisa muda atau tua. Juga tidak mengenal si kaya atau miskin.
Dalam sebuah hadist Rasulullah saw menjelaskan bahwa kesakitan ketika hampir mati itu
seperti dipukul 100 kali dengan pedang tajam atau seperti dikoyak kulitnya dari
daging ketika masih hidup.Bayangkanlah betapa sakit dan dahsyatnya saat
menghadapi kematian. Bahkan Nabi Idris yang minta cara terhalus dalam mencabut
nyawanya pun masih merasakan sakit luar biasa. Maka sangat beruntunglah siapa
yang matinya dalam keadaan khusnul khatimah.
Salman Al-Farisi meriwayatkan hadis Nabi saw yang artinya:
"Perhatikanlah tiga hal kepada orang yang
sudah hampir mati itu. Pertama: berkeringat pada pelipis pipinya; kedua:
berlinang air matanya dan ketiga: lubang hidungnya kembang kempis. "Sedangkan
jika ia mengeruh seperti tercekik, air mukanya nampak gelap dan keruh, dan
mulutnya berbuih, menandakan bahwa azab Allah sedang menimpa dia." (HR.
Abdullah, al-Hakim dan at-Tarmizi)
Kematian 'mengundang' manusia secara perlahan-lahan atau
bertahap mulai dari jasad, ujung kaki kemudian ke paha.
Untuk orang kafir, ketika nyawanya hendak dicabut Izrail,
wajahnya akan menjadi gelap dan keruh dan dia mengeruh seperti binatang yang
disembelih.
Itu pula tanda azab yang diterimanya karena dosa dan
kekafiran mereka.
Al-Qamah bin Abdullah meriwayatkan hadis Rasulullah saw yang
artinya:
"Bahwa ruh orang mukmin akan ditarik oleh Izrail
dari jasadnya dengan perlahan-lahan dan halus, sementara roh orang kafir akan
direntap dengan kasar oleh malaikat maut bagaikan mencabut nyawa seekor
khimar."
Mungkin ada juga orang kafir yang mati dalam ketenangan
karena ketika hidupnya dia berbuat kebajikan dan itu adalah balasan terhadapnya
karena setiap kebajikan pasti akan dibalas. Tetapi karena tidak beriman, maka
itu tidak menjadi pahala baginya dan kekafirannya tetap diazab di akhirat.
Rasulullah s.a.w bersabda:
"Bila telah sampai ajal seseorang maka akan
masuklah satu kelompok malaikat ke dalam lubang-lubang kecil dalam tubuh dan
kemudian mereka menarik rohnya melalui kedua telapak kakinya sehingga sampai ke
lutut.
"Setelah itu datang pula sekelompok malaikat yang
lain masuk menarik roh dari lutut hingga sampai ke perut dan kemudian mereka
keluar. Datang lagi satu kelompok malaikat yang lain masuk dan menarik rohnya
dari perut hingga sampai ke dada dan kemudian mereka keluar.
"Dan akhirnya datang lagi satu kelompok malaikat
masuk dan menarik roh dari dadanya hingga sampai ke tenggorokan dan itulah yang
dikatakan saat nazak orang itu."
Malaikat Izrail menjalankan perintah Allah swt dengan
sempurna. Dia tidak diutus hanya untuk mencabut roh orang sakit saja ataupun
roh orang yang mendapat kecelakaan dan bencana.
Kematian mungkin terjadi karena sebab bencana seperti gempa
bumi, banjir, kebakaran dan ada juga yang matinya karena kecelakaan, infeksi
berbahaya seperti kanker, jantung, AIDS, demam berdarah dan lain-lain.
Seseorang yang sedang sakit keras, menjadi rahmat yang
tinggi nilainya karena Allah masih memberi peluang agar mereka sadar akan
kesalahan yang mereka lakukan selama hidup di dunia. Sehingga mereka masih ada
kesempatan bertobat dari dosa dan kesalahan. Begitu juga halnya dengan orang
mati mendadak karena kecelakaan. Ia memberi pengajaran dan peringatan kepada
mereka yang masih hidup agar berhati-hati dan tidak lalai dalam berusaha
memperbaiki diri.
Allah menjadikan sebab kematian itu untuk memenuhi janji-Nya
kepada malaikat maut.
Sayyidina Abbas meriwayatkan sebuah hadis antara lain
menjelaskan malaikat Izrail merasa sedih ketika ditugaskan mencabut roh makhluk
bernyawa.
Ini karena antara makhluk bernyawa itu adalah termasuk
manusia yang terdiri dari kekasih Allah rasul, nabi, wali dan orang saleh.
Malaikat maut mengadu kepada Allah betapa dirinya tidak
disenangi keturunan Adam As. Dia mungkin dicemooh karena mencabut roh manusia
yang mana menyebabkan orang berduka cita karena kehilangan orang tersayang
dalam hidup mereka.
Marilah kita isi sisa hidup kita ini dengan amal-amal sholeh
yang bisa membuat kita tersenyum menyambut kematian kelak, kapanpun itu
terjadi. Sebab, 70 kali sekali malaikat Izrail mengintai kita semua. Semoga
kelak kita semua khusnul khotimah. Amin
http://berkah2013.blogspot.com/2013/03/awas-70-kali-sehari-malaikat-izrail.html
Mempersiapkan Anak Yang Menyejukkan Pandangan
Oleh: Dr. Attabiq Luthfi, MA“Dan orang-orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah untuk kami isteri-isteri dan anak keturunan kami yang menjadi penyejuk mata kami, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa”. (QS. Al-Furqan: 75)
Imam Ibnu Katsir memahami qurratu a’yundalam ayat ini sebagai anak keturunan yang taat dan patuh mengabdi kepada Allah. Ibnu Abbas menjelaskan bahwa keluarga yang dikategorikan qurratu a’yun adalah mereka yang menyenangkan pandangan mata di dunia dan di akhirat karena mereka menjalankan ketaatan kepada Allah, dan memang kata Hasan Al-Bashri tidak ada yang lebih menyejukkan mata selain dari keberadaan anak keturunan yang taat kepada Allah swt.
Secara bahasa, anak dalam bahasa Arab lebih tepat disebut dengan istilah At-ThiflPengarang Al-Mu’jam al-Wasith mengartikan kata At-Thifl sebagai anak kecil hingga usia baligh. Kata ini dapat dipergunakan untuk menyebut hewan atau manusia yang masih kecil dan setiap bagian kecil dari suatu benda, baik itu tunggal.
Kamus besar bahasa Indonesia mengartikan anak sebagai keturunan kedua. Disamping itu anak juga berarti manusia yang masih kecil. Anak juga pada hakekatnya adalah seorang yang berada pada suatu masa perkembangan tertentu dan mempunyai potensi untuk menjadi dewasa seiring dengan pertambahan usia. Dalam kontek ini, maka anak memerlukan bantuan, bimbingan dan pengarahan dari orang dewasa (orang tua dan para pendidik).
Berdasarkan pembacaan terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang menyebut kata Ath-Thifl yang berarti anak yang masih kecil sebelum usia baligh, maka terdapat empat ayat yang menyebut kata ini secara tekstual. Dua ayat berbicara tentang proses kejadian manusia yang berawal dari air mani, yaitu surah Al-Hajj: 5 dan surah Ghafir: 67. Sedangkan kedua ayat lainnya yang menyebut kata At-Thifl terdapat dalam surah An-Nur : 31 dan 59 yang menjelaskan tentang adab seorang anak di dalam rumah terhadap kedua orang tuanya.
Yang paling mendasar dalam pembahasan seputar anak tentu tentang kedudukan anak dalam perspektif Al-Qur’an agar dapat dijadikan acuan oleh orang tua dan para pendidik untuk menghantarkan mereka menuju kebaikan dan memelihara serta meningkatkan potensi mereka. Al-Qur’an menggariskan bahwa anak merupakan karunia sekaligus amanah Allah swt, sumber kebahagiaan keluarga dan penerus garis keturunan orang tuanya. Keberadaan anak dapat menjadi: 1) Penguat iman bagi orang tuanya [QS: 37: 102] seperti yang tergambar dalam kisah Ibrahim ketika merasa kesulitan melakukan titah Allah untuk menyembelih Ismail, justru Ismail membantu agar ayahnya mematuhi perintah Allah swt untuk menyembelihnya, 2) Anak bisa menjadi do’a untuk kedua orang tuanya. [QS: 17: 24], 3) Anak juga dapat menjadi penyejuk hati (Qurratu A’ayun), [QS: 26: 74], 4) menjadi pendorong untuk perbuatan yang baik [QS: 19: 44]. Akan tetapi, pada masa yang sama, anak juga dapat menjadi 5) fitnah, [QS: 8; 28] 6), bahkan anak dapat menjelma menjadi musuh bagi orang tuanya. [QS: 65: 14]
Maka dari itu, para ulama sepakat akan pentingnya masa kanak-kanak dalam periode kehidupan manusia. Beberapa tahun pertama pada masa kanak-kanak merupakan kesempatan yang paling tepat untuk membentuk kepribadian dan mengarahkan berbagai kecenderungan ke arah yang positif. Karena pada periode tersebut kepribadian anak mulai terbentuk dan kecenderungan-kecenderunganya semakin tampak. Menurut Syekh Fuhaim Musthafa dalam karyanya Manhaj al-Thifl al-Muslim: Dalilul Mu’allimin wal Aba’ Ilat-Tarbiyati Abna masa kanak-kanak ini juga merupakan kesempatan yang sangat tepat untuk membentuk pengendalian agama, sehingga sang anak dapat mengetahui, mana yang diharamkan oleh agama dan mana yang diperbolehkan.
Dalam hal ini, keluarga merupakan tempat pertama dan alami untuk memelihara dan menjaga hak-hak anak. Anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang secara fisik, akal dan jiwanya, perlu mendapatkan bimbingan yang memadai. Di bawah bimbingan dan motifasi keluarga yang continue akan melahirkan anak-anak yang dikategorikan ‘qurratu a’yun’.
Untuk mewujudkan semua itu, maka sejak awal Islam telah menyoroti berbagai hal di antaranya penegasan bahwa awal pendidikan seorang anak dimulai sejak sebelum kelahirannya, yaitu sejak kedua orang tuanya memilih pasangan hidupnya. Karena pada dasarnya anak akan tumbuh dan berkembang banyak tergantung dan terwarnai oleh karakter yang dimiliki dan ditularkan oleh kedua orang tuanya. Di antara tujuan disyariatkan pernikahan adalah terselamatkannya keturunan dan terciptanya sebuah keluarga yang hidup secara harmonis yang dapat menumbuhkan nilai-nailai luhur dan bermartabat.
Dalam konteks ini, Al-Ghazali yang kemudian dikuatkan prinsip-prinsipnya oleh Ibn Qayyim al-Jauzyyah menegaskan bahwa pendidikan di lingkungan keluarga sangatlah penting, oleh kerena itu pelaksanaannya harus dilakukan dengan baik, dengan pembiasaan dan contoh-contoh teladan, memberikan permainan yang wajar dan mendidik, jangan sampai memberikan permainan yang mematikan hati, merusak kecerdasan, menghindarkannya dari pergaulan yang buruk. Pengaruh yang positif diharapkan akan menjadi kerangkan dasar bagi anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Membangun kerangka dasar pada anak usia dini dapat diibaratkan membangun sebuah bangunan bertingkat. Bangunan seperti itu tentu saja akan dimulai dengan membuat kerangka pondasi yang sangat kokoh yang mampu menopang bagian bangunan yang ada di atasnya. Demikian pula anak-anak yang memiliki pondasi yang kuat dan kokoh ketika usia dini maka akan menjadi dasar dan penopang bagi perkembangan anak memasuki pendidikan selanjutnya, termasuk mempersiapkan hidupnya di tengah masyarakat.
Menurut pandangan Syekh Mansur Ali Rajab dalam karyanya Ta’ammulat fi falsafah al-Akhlaqterdapat paling tidak lima aspek yang dapat diturunkan dari seseorang kepada anaknya, yaitu: 1). Jasmaniyah, seperti warna kulit, bentuk tubuh, sifat rambut dan sebagainya. 2). Intelektualnya, seperti, kecerdasan dan atau kebodohan. 3) tingkah laku, seperti tingkah laku terpuji, tercela, lemah lembuat, keras kepala, taat, durhaka. 4) alamiyah, yaitu pewarisan internal yang dibawa sejak kelahiran tanpa pengaruh dari faktor eksternal. 5) sosiologis, yaitu pewarisan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal.
Ibn Qayyim Al-Jauzyyah dalam salah satu karyanya yang monumental tentang pendidikan anak ’Tuhfatul Maudud bi Ahkamil Maulud’ menegaskan bahwa setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah, suci dan selamat dari penyimpangan dan menolak hal-hal buruk yang membahayakan dirinya. Namun lingkungan yang rusak dan pergaulan yang tidak baik akan menodai kefitrahan anak dan dapat mengakibatkan berbagai penyimpangan dan pada gilirannya akan menghambat perkembangan akal fikirannya. Sehingga tujuan akhir dari dari pendidikan anak prasekolah adalah memberikan landasan iman dan mental yang kokoh dan kuat pada anak, sehingga akan hidup bahagia bukan saja di saat ia dewasa dalam kehidupannya di dunia, tetapi juga bahagia di akherat, bahkan diharapkan dapat mengikut sertakan kebahagiaan itu untuk kedua orang tua, guru dan mereka yang mendidiknya.
Sehingga pendidikan anak usia dini pada hakekatnya juga merupakan intervensi dini dengan memberikan rangsangan edukasi sehingga dapat menumbuhkan potensi-potensi tersembunyi (hidden potency) serta mengembangkan potensi tampak (actual potency) yang terdapat pada diri anak. Upaya mengenal dan memahami barbagai ragam potensi anak usia dini merupakan persyaratan mutlak untuk dapat memberikan rangsangan edukasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan perkembangan potensi tertentu dalam diri anak. Upaya ini dapat dilalukan dengan memahami berbagai dimensi perkembangan anak seperti bahasa, intelektual, emosi, social, motorik konsep diri, minat dan bakat.
Tujuan lain dari pemberian program simulasi edukasi adalah melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan terjadinya gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan potensi-potensi yang dimiliki anak. Gangguan ini dapat muncul dari dua faktor, yakni faktor internal yang terdapat dalam diri anak dan dan faktor ekternal yang berwujud lingkungan di sekitar anak, baik yang berwujud lingkungan fisik seperti tempat tinggal, makanan dan alat-alat permainan ataupun lingkungan sosial seperti jumlah anak, peran ayah/ ibu, peran nenek/ kakek, peran pembantu, serta nilai dan norma sosial yang berlaku.
Ayat di atas yang menjadi doa sehari-hari setiap orang tua yang mendambakan hadirnya keturunan yang qurratu a’yun, hendaknya dijadikan acuan dalam pembinaan anak, sehingga tidak lengah sesaatpun dalam upaya melakukan pengawasan, pendidikan dan pembinaan anak-anak mereka. Itulah diantara ciri Ibadurrahman yang disebutkan pada ayat-ayat sebelumnya yang memilki kepedulian besar terhadap nasib anak-anak mereka di masa yang akan datang. Semoga akan senantiasa lahir dari rahim bangsa ini generasi yang qurratu a’yun, bukan hanya untuk kedua orang tuanya, tetapi juga masyarakatnya dan bangsanya. Amin.
Sumber: Dakwatuna.com Pembicara : Bp. Ustadz Arifin Nababan
Topik : Pentingnya pendidikan anak
http://nur-amaliah.blogspot.com/2012/04/pentingnya-mendidik-anak.html
Hadits Adzan dan Iqomah Bagi Bayi Yang Baru Lahir (Hadits Lemah)
MediaMuslim.Info
– Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba meluruskan pemahaman
mengenai sebuah hadits yang amalannya sangat populer dikalangan
masyarakat kita. Berikut arti dari Hadits Adzan di telinga kanan si
bayi dan iqomah di telinga kirinya maka anak itu kelak tidak akan
diganggu jin: “Barang siapa dianugrahi anak kemudian ia adzan di
telinga kanannya dan iqomah di telinga kirinya maka anak itu kelak tidak
akan diganggu jin”
Hadits ini maudhu.
Ibnu Sunni meriwayatkan dalam kitab Amalul Yaumi wal-lailati halaman 200, dan juga Ibnu Asakir II/182, dengan sanad dari Ibu Ya`la bin Ala ar-Razi, dari Marwan bin salim, dari talhah bin Ubaidillah al-Uqali, dari Husain bin Ali.
Sanad Tersebut Maudhu` sebab Yahya bin Ala dan Marwan bin Salim deikenal sebagai pemalsu Hadits. Disamping
itu, dalam periwayatan hadits diatas ada semacam unsur meremehkan atau
mengagampangkan masalah. Hal itu diutarakan oleh al-Haitsami dalam kitab
Majma az Zawa`id IV/59, Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan
dalam sanadnya terdapat Marwan bin Sulaiman al-Ghifari, yang oleh
muhadditsin riwayatnya ditinggalkan atau tidak diterima.Ibnu Sunni meriwayatkan dalam kitab Amalul Yaumi wal-lailati halaman 200, dan juga Ibnu Asakir II/182, dengan sanad dari Ibu Ya`la bin Ala ar-Razi, dari Marwan bin salim, dari talhah bin Ubaidillah al-Uqali, dari Husain bin Ali.
Almanawi pensyarah kitab al-jami`ush shaghir berkata: Hadits ini dalam sanadnya terdapat Yahya bin Ali alBajali ar-Razi. Adz Dzahabi dalam kitab adh Dhuafa` wal-Matrukin berkata: “Ia pendusta dan pemalsu ” Itulah yang dinyatakan oleh Imam Ahmad.
Menurut Muhammad Nashiruddin Al-Albani, kepalsuan diatas tidak banyak diketahui ulama. Buktinya banyak ulama kondang yang mengutarakan hadits diatas tanpa menyebutkan kemaudhu`an da kedha`fannya. Hal ini terutama dilakukan oleh ulama penulis atau pembuat kitab kitab wirid atau kitab kitan fadha`il. Misalnya, Imam Nawawi mengungkapkan hadits tersebut dengan perawi Ibnu Sunni. Namun tanpa memberi isyarat atau komentar kedha`ifan dan kemaudhu`an nya.
Begitu pula dengan pensyaratan yakni Ibnu Ala. Ia pun tidak menyinggung tentang sanadnya sama sekali. Setelah itu datanglah ulama generasi berikutnya yakni Ibnu Taimiyah yang dapat dilihat dalam kitab al-Kalimuth Thayyib yang diikuti oleh muridnya Ibnu Qayyim yang diutarakan dalam kitab al Wabilush Shayyib. Namun keduanya menyinggung seraya berkata bahwa dalam sanadnya terdapat kedha`ifan.
Setelah keduanya, datanglah generasi ulama berikutnya atau bahkan semasa dengan keduanya, tetapi tidak menginggung atau bahkan diam seribu basa dalam mengontari sanad hadits tersebut.
Pada prinsipnya, sekalipun keduanya (Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim) telah terbebas dari aib mendiamkan hadits atau riwayat dha`if, namun tetap tidak bebas dari pengungkapan kedha`ifan suatu hadits. Maksudnya, apabila mengetahui kedha`ifan hadits tadi mengapa mereka masih mengutarakannya? Itu berarti hanya merupakan pernyataan kedha`ifan hadits tersebut dan bukannya menunjukan kemaudhu`an nya. Apabila tidak demikian maka sudah sepantasnya kedua imam yang agung itu tidak mengutarakan hadits tersebut diatas. Inilah yang pasti akan di pahami oleh orang orang yang meneliti dan mau menelaah kitab atau karya tulis kedua imam tadi.
Yang membuat Muhammad Nasiruddin Al-Albani khawatir ialah para ulama generasi sesudah beliau menjadi terkecoh hingga dengan lantang berkata: “Tidak apa-apa karena hadits dha`if pun dapat dipakai untuk mengamalkan fadha`ilu-a`mal (amalan amalan yang mulia). Yang terjadi kemudian bahkan hadits itu dijadikan penguat hadits dha`if lainnya dengan meremehkan syarat mutlak yang harus ada yaitu hendaknya hadits tersebut tidak terlalu dha`if derajatnya. Sebagai bukti ialah apa yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dengan sanad dha`if dari Abi Rafi` yang berkata: Aku telah melihat Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam mengumandangkan adzan pada telinga Hasan bil Ali ketika dilahirkan oleh Fatimah binti Muhammad.
Imam Tirmidzi berkata Hadits ini shahih dan hendaknya di amalkan dengan dasar hadits tersebut. kemudian pensyarahnya yakni al-Mubar Kafuri setelah menjelaskan kedha`ifan sanad nya dengan dasar pernyataan para ulama, berkata: Apabila ditanya; bagaimana mungkin dapat diamalkan sedangkan hadits itu dha`if, maka jawabannya ialah: Memang benar hadits tersebut dha`if, akan tetapi menjadi kuat dengabn adanya riwayat lainnya yaitu hadits dari Husain bin Ali, yang di riwayatkan oleh Bau Ya`la al-Maushili dan Ibnu Suni”
Coba kita perhatikan, Bagaimana mungkin hadits menjadi kuat atau dapat dikuatkan dengan adanya hadits maudhu? Dari mana datangnya kaidah tersebut? Sungguh yang demikian itu tidak ada kamusnya dalam sejarah para muhadditsin pada masa lalu hingga hari Qiyamat nanti. Menurut Muhammad Nasiruddin Al-Albani, yang demikian ini dapat terjadi tidak lain karena tidak mengenal kemaudhu`an hadits Husain bin Ali diatas dan juga karena terkecoh oleh komentar atas termuatnya riwayat tersebut dalam karya tulis ulama terkenal atau ulama yang dianggap menjadi panutan.
Memang benar untuk menguatkan hadits Abi rafi yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi itu adalah: adanya riwayat atau hadits atau hadits Ibnu Abbas yaitu: “Sesungguhnya Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam telah mengumandangkan adzan pada telinga Hasan bin Ali ketika lahir dan mengumandangkan iqamah pada telinga kirinya. (Hadits tersebut telah dikeluarkan oleh Baihaqi dalam kitab Syi`b Iman berbarengan dengan hadits Hasan bin Ali)
Kemudian Baihaqi berkata: “Kedua hadits tersebut dalam sanadnya terdapat kedha`ifan”. Pernyataan baihaqi tersebut telah diutarakan oleh Ibnu Qayyim dalam kitab at-Tuhfah halaman 16.
Namun tampaknya sanad hadits ini lebih baik ketimbang sanad hadits Hasan bin ali yang dapat dijadikan kesaksian atau penguat bagi hadits Rafi tadi. Bila demikian masalahnya, maka riwayat inilah sebagai penguat adanya adzan pada telinga sang bayi saat dilahirkan seperti tercantum dalam hadits Rafi riwayat Imam Tirmidzi tadi. Adapun mengenai mengumandangkan iqomah pada telinga kiri adalah riwayat gharib (asing).
Namun kita kembali lagi pada pernyataan Imam Baihaqi bahwa “Kedua hadits tersebut dalam sanadnya terdapat kedha`ifan”. Dan Bagaimana mungkin hadits menjadi kuat atau dapat dikuatkan dengan adanya hadits maudhu? yang menurut Muhammad Nasiruddin Al-Albani, yang demikian ini dapat terjadi tidak lain karena tidak mengenal kemaudhu`an hadits tersebut dan juga karena terkecoh oleh komentar atas termuatnya riwayat tersebut dalam karya tulis ulama terkenal atau ulama yang dianggap menjadi panutan. Wallahu a`lam bish showab
(Sumber Rujukan: Silsillah hadits2 dhoif dan maudhu, Hadits NO 321, Asy-Syaikh Nasiruddin Al Albani)
http://keluargamuslim.wordpress.com/2007/07/19/hadits-adzan-dan-iqomah-bagi-bayi-yang-baru-lahir-hadits-lemah/
Terimakasih atas infonya..
BalasHapusPusat Layanan Aqiqah Jogja